Jumat, 10 November 2023

Tugas Mata Kuliah "Riset Pemasaran" - Semester 5 - Prodi PE, Unlip Sukabumi

 

Assalamu'alaikum, Wr. Wb.

 

Buat seluruh rekan Mahasiswa Semester 5 Program Studi Pendidikan Ekonomi (KELAS 5B, 5C, 5D dan 5E). Pada sesi pertemuan kali ini, Mahasiswa mampu mengidentifikasi terkait dengan konsep-konsep penting yang ada didalam pemasaran yang dihubungkan kangsung dengan penelitian dan mengaplikasikannnya pada penerapan praktis pada riset maupun penelitian sederhana. Adapun beberapa konsep yang akan dikaji oleh mahasiswa yang dilakukan melalui mini riset, memiliki ketentuan sebagai berikut:

 

a.   Aktifitas ini dilakukan berkelompok 5-6 Orang Mahasiswa,

b.  Setiap kelompok diberikan judul dan juga thema kajian yang akan dilakukan dengan waktu yang telah ditentukan

c.   Outcome dari aktifitas pembelajaran ini adalah Artikel ilmiah, berdasarkan hasil pengkajian secara berkelompok

d.  Dalam pelaksanaan dan penyusunan aktifitas pembelajaran kali ini, setiap kelompok memiliki peluang untuk melakukan diskusi dan konsultiasi langsung dengan dosem pengampu mata kuliah.

e.   Setiap mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih dan bergabung membentuk kelompoknya masing-masing sesuai keanggotaan mahasiswa.

f.   Kegiatan penelitian dilakukan di Kota dan Kabupaten Sukabumi, dengan responden minimal 200 respunden

g.  Setiap kelompok, berkah untuk mengambil 1 (satu) judul / tema yang telah ditentukan, Adapun judul ataupun tema aktifitas kajian Riset Pemasaran adalah sebagai berikut: 

 

1)    Kelas 5B

a)    Analisis Preferensi Konsumen terhadap Produk Organik di Pasar Konvensional: Studi Kasus pada Masyarakat Kota XYZ.

b)    Pengaruh Kampanye Pemasaran Digital Terhadap Kesadaran Merek dan Keputusan Pembelian: Sebuah Studi Eksperimental.

c)    Strategi Pemasaran Berkelanjutan: Evaluasi Dampak Program Pengurangan Plastik pada Citra Merek dan Loyalitas Konsumen.

d)    Perbandingan Efektivitas Iklan Berbayar dan Organik di Platform Media Sosial: Studi Kasus pada Industri Fashion Online.

e)    Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesetiaan Pelanggan dalam Industri Layanan Kebugaran: Perspektif Pemasaran Relasional.

f)     Pengaruh Testimonial Selebriti terhadap Citra Merek dan Minat Beli Konsumen: Penelitian di Industri Elektronik Konsumen.

g)    Strategi Pemasaran untuk Produk Berkelanjutan: Studi Kasus pada Produk Ramah Lingkungan di Pasar Global.

h)    Evaluasi Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Persepsi Produk dan Keputusan Pembelian: Analisis Sentimen Konsumen.

i)     Dampak Program Loyalty Rewards terhadap Retensi Pelanggan: Penelitian pada Industri Layanan Keuangan.

j)     Strategi Pemasaran Personalisasi dalam E-commerce: Analisis Keterlibatan Konsumen dan Dampaknya terhadap Konversi Penjualan.

 

2)    Kelas 5C

a)    Pengaruh Pengalaman Pelanggan Online terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan: Studi pada Industri Perjalanan Online.

b)    Strategi Pemasaran Influencer di Era Digital: Dampaknya terhadap Persepsi Konsumen dan Peningkatan Penjualan.

c)    Analisis Tingkat Penerimaan Konsumen terhadap Inovasi Produk: Kasus Penetrasi Pasar Gadget Terkini.

d)    Evaluasi Dampak Program Kemitraan Merek pada Citra dan Kesetiaan Pelanggan: Studi pada Industri Makanan dan Minuman.

e)    Strategi Pemasaran Global untuk Produk Lokal: Kendala dan Peluang dalam Ekspansi Internasional.

f)     Analisis Perilaku Pembelian Generasi Z: Preferensi Konsumen dan Implikasinya pada Strategi Pemasaran.

g)    Pengaruh Social Media Marketing terhadap Kesadaran Merek dan Keterlibatan Konsumen: Studi Kasus pada Industri Kosmetik.

h)    Strategi Pemasaran untuk Produk Premium di Pasar yang Berkembang: Studi Kasus pada Produk Barang Mewah di Negara Berkembang.

i)     Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Strategi Pemasaran dan Perubahan Pola Konsumen: Sebuah Analisis Longitudinal.

j)     Pengaruh Warna dalam Identitas Merek: Analisis Psikologis pada Preferensi Konsumen.

 

3)    Kelas 5D

a)    Analisis Pengaruh Faktor Budaya terhadap Keputusan Pembelian: Studi Perbandingan antara Konsumen Milenial dan Generasi X.

b)    Strategi Pemasaran Interaktif dalam Meningkatkan Partisipasi Pelanggan: Kasus Penggunaan Aplikasi Mobile di Industri Layanan.

c)    Evaluasi Dampak Program Kesejahteraan Karyawan terhadap Citra Perusahaan dan Daya Tarik Pelamar: Perspektif Pemasaran SDM.

d)    Perbandingan Strategi Pemasaran Offline dan Online: Keberhasilan Kampanye dalam Meningkatkan Kesadaran Merek.

e)    Analisis Dampak Pembatasan Lingkungan pada Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus pada Produk Ramah Lingkungan.

f)     Strategi Pemasaran untuk Menjangkau Pasar Rural: Studi Kasus pada Produk Konsumen Massal.

g)    Pengaruh Pemasaran Emosional terhadap Persepsi Merek dan Loyalitas Pelanggan: Kasus Produk Layanan.

h)    Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Berkelanjutan: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesadaran dan Preferensi.

i)     Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Partisipasi Konsumen dalam Program Pengembangan Produk: Pendekatan Co-Creation.

j)     Pengaruh Platform E-commerce terhadap Preferensi Pembelian Konsumen: Studi Kasus pada Pembeli Online.

 

4)    Kelas 5E

a)    Evaluasi Strategi Pemasaran Komunitas Online dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen: Kasus pada Platform Media Sosial.

b)    Pengaruh Faktor Demografis terhadap Preferensi Pembelian: Studi Analisis pada Segmen Pasar Berbeda.

c)    Strategi Pemasaran Berbasis Pengalaman Pelanggan: Membangun Hubungan yang Kuat melalui Interaksi Positif.

d)    Analisis Dampak Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian: Perspektif Konsumen Generasi Y.

e)    Pengaruh Testimoni Pengguna dalam Keputusan Pembelian Online: Studi Kasus pada Platform Ulasan Produk.

f)     Strategi Pemasaran Kesehatan dan Kebugaran: Analisis Perilaku Konsumen terhadap Produk dan Layanan Terkait Kesehatan.

g)    Evaluasi Keefektifan Kampanye Pemasaran Viral: Studi Kasus pada Produk atau Layanan Tertentu.

h)    Perbandingan Strategi Pemasaran Tradisional dan Digital: Analisis Return on Investment (ROI) dan Dampaknya pada Penjualan.

i)     Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pemasaran Produk Konsumen: Studi Kasus pada Industri Mode.

j)     Strategi Pemasaran Dalam Negeri vs. Internasional: Perbandingan Taktik untuk Ekspansi Pasar.

 

h.  Setiap Kelompok, setelah memilih judul dan tema, silahkan ketua kelas melaporkan pembagian kelompok disertai dengan nama mahasiswa dan juga judul yang telah di bagikan,

i.    Lakukan pendalaman materi / konsep terkait dengan masing-masing judul, buat rancangan penelitian sederhana terbagtung pendekatan yang digunakan (kualitatif, survey atau studi kasus), buat instrumen pengumpulan data, olah data yang didapat, lalukan pembahasan dan buat kesimpulan.

j.    Kegiatan ini dapat didiskusikan dalam WAG kelas secara maksimal. 

 

Terimakasih, dan selamat belajar dan mengerjakan tugas kelompoknya.

Sekian Wassalamualaikum Wr. Wb. 

 

Dosen Pengampu, 

 



Dr. Joko, M.Pd.

Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar